Fitting

Menampilkan 1–12 dari 1410 hasil

Apa itu fitting?

Fitting atau dapat disebut dengan sambungan pipa merupakan salah satu komponen dalam plumbing atau perpipaan yang berfungsi untuk menyebarkan, memperbesar dan memperkecil , atau merubah arah aliran air maupun gas. Fitting bukanlah nama sebuah barang atau individu namun nama yang digunakan untuk mengelompokan beberapa komponen.

Apa saja komponen fitting?

Komponennya terdiri dari  elbow ,  tee ,  plug ,  cap ,  sock ,  union ,  reducer , dan  tee reducer . Elbow adalah sambungan pipa memiliki bentuk berupa belokan atau memiliki sebutan lain yaitu knee. Kemudian Tee adalah sambungan pipa yang memiliki bentuk T, ibarat jalan maka tee adalah sebuah pertigaan. Jika ada pertigaan tentunya akan ada perempatan, nah yang seperti perempatan jalan disebut dengan cross atau memiliki bentu X. Selain itu ada juga cap atau tutup yang biasanya sebagai penutup atau akhir dari percabangan dari sebuah pipa, jika di ibaratkan dengan jalan adalah cap seperti jalan buntu.

Bagaimana bahan dan ukuran fitting?

Seperti halnya dengan pipa, fitting terbuat dari bermacam-macam bahan. Seperti bahan besi yang terbagi bahan besi yang lebih sering disebut besi hitam dan juga besi galvanis yang tahan terhadap korosi, selain itu juga ada bahan stainless steel dan kuningan. Bahan mana yang bagus untuk digunakan tentu hal itu kembali lagi pada kebutuhan dan penggunaannya.

Ukurannya sendiri juga menyesuaikan dengan pipa yang digunakan. Beberapa diantaranya seperti elbow dan tee biasanya memiliki ukuran dan masukkan yang sama. Namun terdapat juga yang memiliki ukuran berbeda antara masukan dan keluarannya yaitu seperti reducer tee atau reducer elbow. Maka dari hal tersebut, sambungan pipa yang memiliki ukuran masukan dan keluaran sama akan disebutkan satu ukuran saja. Misalkan tee 1/2” atau elbow 1-1/2”, sedangkan reducer akan disebutkan reducer 1/2″x1-1/2”.

Menampilkan 1–12 dari 1410 hasil