Flange

Showing 1–12 of 202 results

Flange

adalah sebuah komponen yang menghubungkan antara pipa dengan pipa, atau dengan valve dan pipa equipment lainnya. Tujuan dari penggunaannya adalah agar komponen yang dihubungkan tersebut dapat dilepas kembali. Jadi pipa dengan pipa atau pipa dengan pipa equipmen lainya dapat dilepas kembali. Dalam flange terdapat komponen lainnya seperti baut atau bolt dan gasket. Flange dapat dibagi menjadi bermacam-macam jenis dari menurut face, ukuran, rating, schedule, dan bentuknya menurut ansi.

Menurut face nya dibagi menjadi tipe

Flat-Face(FF)memiliki face atau permukaan rata bisa disebut flange polos. Flat-Face ini biasa digunakan untuk tingkat pressure yang rendah.

Raised-Face(RF)memiliki face atau permukaan yang tinggi(raised) dengan tekstur garis kecil melingkar yang terlihat menonjol apabila dilihat dari samping.

Ring-Tipe-Joint(RTJ)memiliki bentuk yang hampir sama dengan raised face, bedanya terdapat cekungan yang dalam pada permukaan sentuh yang lebih tinggi.

Menurut bentuknya sesuaiĀ  ansi (American National Standards Institute) yaitu :

(1)pertama tipe weldneck, flange yang memiliki leher(neck) dimana memiliki sifatnya yang mudah disambungkan dengan pipa.

(2)tipe slip-on (SO) atau ada yang menyebutnya sleeve-on, penggunaannya dengan memasukkan pipa ke dalam flange namun pipa tidak sampai keluar.

(3)tipe lap-joint memiliki penggunaan yang sama dengan tipe slip on, bedanya pipa yang dimasukkan akan sampai keluar pada sisi lain.

(4)tipe threaded (ulir) adalah tipe dengan pemasangan ulir, digunakan pada bagian rawan kebakaran bila menggunakan pengelasan.

(5)tipe soket, hampir sama dengan tipe slip on, bedanya tipe soket memiliki tahanan pada sisi lainnya.

(6)tipe reducing digunakan menghubungkan pipa yang memiliki diameter yang berbeda

(7)tipe blind, digunakan untuk menutup aliran, sama seperti dengan cap pada fitting.

Produk yang kami jual :

JIS 5K

Showing 1–12 of 202 results